preloader

KEGIATAN TAHUNAN “TASLIH” KE-9 SAMBUT MAHASISWA BARU FAKULTAS KEPERAWATAN

KEGIATAN TAHUNAN “TASLIH” KE-9 SAMBUT MAHASISWA BARU FAKULTAS KEPERAWATAN

Lembaga Dakwah Fakultas Ash-Shihah Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala sukses menyelenggarakan kegiatan Orientasi Keislaman atau Ta’araful Islamiyah Lish-Shihah (TASLIH) Ke-9 dengan mengusung tema “Menata Hati Dengan Tauladan Sang Nabi Demi Mendekap Cinta Ilahi”. TASLIH ini merupakan sebuah program unggulan Lembaga Dakwah Ash-Shihah Fakultas Keperawatan USK yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 4-6 November 2022 di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) USK dan Masjid Jamik USK. Adapun tujuan dari acara ini sebagai sarana untuk memperkokoh dan merajut benang ukhuwah islamiyah antar mahasiswa dalam lingkup kampus FKep USK serta meningkatkan kesadaran untuk mempelajari, menciptakan, dan memberikan nilai keislaman dalam setiap segi kehidupan. TASLIH 9 tahun ini memiliki jargon “Cinta Allah Cinta Rasul, Akhirat Dikejar Dunia Bersinar”. Jargon tersebut bertujuan agar meningkatnya kecintaan mahasiswa Fkep USK pada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, selain itu agar mahasiswa FKep USK mampu menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhiratnya.

Rangkaian kegiatan TASLIH 9 meliputi materi terkait Ma’rifatullah, Ma’rifatul Qur’an, Ma’rifatul Rasul, Pelatihan Tahjiz Mayit, Ghazawul Fikri, Ma’rifatul Insan, Ma’rifatul Islam, Pergaulan Muda Mudi, serta Tawazun. Acara ini diikuti oleh 115 mahasiswa baru 2022 dan 76 panitia pelaksana. Kegiatan ini diawali dengan pemutaran video “Hadiqatul Mutasawiyah” yang merupakan konsep kegiatan TASLIH tahun ini. Dimana konsep ini, para peserta akan mengumpulkan berbagai zat hara yang didapatkan dari para Mustashar, untuk mewujudkan taman Hadiqatul Mutasawiyah menjadi taman yang sempurna dengan keseimbangan unsur zat hara yang diberikan.

Peserta TASLIH 9 tahun ini diberi sebutan Haris (untuk laki-laki) dan Harisah (untuk perempuan). Haris dan Harisah merupakan tokoh yang mampu menjadi Guard atau Penjaga yang memberikan harapan agar peserta TASLIH 9 menjadi insan yang mampu menjaga keimanan, tauladan, dan mampu menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat agar kelak menjadi pribadi yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

TASLIH 9 diawali dengan Opening Ceremony yang dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USK, Dekan Fakultas Keperawatan USK, Wakil Dekan I, II, III Fakultas Keperawatan USK, Direktur UP3AI USK (diwakili), Direktur UP3AI FKep USK, Pembina TASLIH 9 FKep USK, Ketua dari berbagai Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) USK,  dan seluruh tamu undangan.

Dalam kata sambutannya, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USK mengatakan bahwa: “Kegiatan TASLIH ini merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Semoga dengan adanya TASLIH bisa menciptakan perawat yang berkarakter islami, yang sesuai dengan visi misi fakultas, saya juga berharap acara seperti TASLIH dapat terus dilanjutkan karena sudah jelas memiliki output untuk perkembangan mahasiswa”.    

Setelah Opening Ceremony, para mahasiswa baru dibekali 3 materi diantaranya, Materi 1: “Syahdukan Hati Mengingat Sang Ilahi” oleh Ust. Musa Abubakar Ali, M.Pd.I, Materi 2: “Al-Qur’an Nafas Kehidupanku oleh Ust. Muhammad Syafi’I, S.Pd.I, dan Materi 3: “Meniti perjuanganmu Sebagai Bukti Mahabbahku, Ya Rasulullah” oleh Ust. Husni Suardi, S.Pd. Pada hari kedua, acara dimulai dengan pelatihan tahjiz mayit. Pelatihan ini terdiri dari 4 pos yaitu pos memandikan, mengkafankan, menshalatkan dan menguburkan. Kegiatan ini berlangsung di lingkungan Mesjid Jamik USK.

Setelah tahjiz mayit selesai, peserta diarahkan kembali menuju Aula FKIP USK untuk dilanjutkan dengan pemaparan 3 materi diantaranya: Materi 1: “Akhir Hayat Dalam Liang Lahat” oleh Ns. Nova Fajri, M.Kep.,Sp.Kep.An, Materi 2: “Perisaiku Dalam Melawan Perang Pemikiran” oleh Ustzh. Della Tiata Sari S.T, dan Materi 3: “Indahnya Dekapan Ukhuwah Dalam Membentuk Insan Yang Siap Berdakwah” oleh Ust. Dr. rer. Nat Ilham Maulana, S.Si. Materi di hari terakhir TASLIH 9 juga tidak kalah menariknya yang terdiri dari: Materi 1: “Mengapa Memilih Islam?” oleh Ust. H. Muharril Ashary Lc, MA, Materi 2: “Tetap Islami Di Era Moderenisasi” oleh Ust. Dr. Kahlil, S.T., M.Eng dan Materi terakhir mengenai “Dunia Vs Akhirat” dan ditutup dengan sesi muhasabah oleh Ust. dr. Ramlan Zuhair Pulungan, CPS, CH, CHt, CI, CT.NNLP.

Hari terakhir ditutup dengan Closing Ceremony  yang dihadiri oleh, Direktur UP3AI FKep USK, Pembina Taslih LDF Ash-Shihah FKep USK, Ketua Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) dari berbagai Fakultas USK, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FKep USK, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKep USK serta tamu undangan lainnya. Rahmad Nuzul Alwi selaku Ketua Panitia TASLIH 9 menyampaikan harapannya semoga apa yang didapatkan di TASLIH ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan besar harapan semoga TASLIH selanjutnya bisa lebih sukses dari TASLIH 9 ini.

Rangkaian kegiatan TASLIH 9 diakhiri dengan pengumuman peserta terbaik, kelompok terbaik, video kelompok terbaik, pemutaran video dokumenter TASLIH 9, foto bersama serta kesan dan pesan dari Haris dan Harisah selaku peserta TASLIH 9. Daffa Yusril Alfarizi selaku perwakilan Haris TASLIH 9 mengatakan bahwa “TASLIH 9 ini merupakan salah satu acara yang bermanfaat untuk kita agar lebih mengingat apa tujuan kita di dunia ini, sebelumnya saya pribadi merasakan hampa, karena saya tidak tahu tujuan saya, namun setelah acara TASLIH 9 ini saya lebih mengetahui tujuan kita hidup bukan hanya karena ingin mengejar prestasi, melainkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Saya berharap TASLIH yang akan datang acaranya berjalan dengan lancar dan lebih sukses dari tahun ini”. 

EnglishIndonesia