preloader

DOSEN BAGIAN KEILMUAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH MELAKUKAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TERKAIT UPAYA PROMOTIF DAN PREVENTIF PENCEGAHAN KOMPLIKASI DIABETES MELLITUS

DOSEN BAGIAN KEILMUAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH MELAKUKAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TERKAIT UPAYA PROMOTIF DAN PREVENTIF PENCEGAHAN KOMPLIKASI DIABETES MELLITUS

Dosen Fakultas Keperawatan Bagian Keilmuan Keperawatan Medikal Bedah melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Mandiri Pada Masyarakat di Gampong Meunasah Papeun, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini salah satu bagian kegiatan tridharma dosen sebagai agent perubahan dalam masyarakat sebagai tindakan promotif dan preventif komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit degeneratif, terutama Diabetes Mellitus.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 17 Oktober 2022, yaitu meliputi kegiatan Edukasi dan Manajemen Diabetes Mellitus di Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar, Diet Rendah Glukosa pada Penderita Diabetes Mellitus di Gampong Meunasah Papeun Aceh Besar dan Perawatan Kaki dan Senam Kaki Sebagai Pencegahan Ulkus Diabetik pada Penderita Diabetes Mellitus di Gampong Meunasah Papeun Aceh Besar.

Sasaran pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat usia dewasa dan lansia, yang merupakan kelompok beresiko penyakit diabetes. Kegitan pengabdian kepada masyarakat bertujuan agar masyarakat lebih sadar dalam peningkatan perilaku self-management Diabetes Mellitus. Masyarakat tampak sangat antusias dengan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dan berharap agar ke depannya akan ada kegiatan yang serupa dalam upaya meningkatkan kesehatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan tetap menerapkan standar protokol Kesehatan yang ketat sebagai upaya dalam tindakan preventif penularan COVID-19.

EnglishIndonesia