preloader

FAKULTAS KEPERAWATAN BERKUNJUNG KE INLAND UNIVERSITY NORWEGIA DIDUKUNG OLEH CABNEI ERASMUS+ EUROPIAN UNION

FAKULTAS KEPERAWATAN BERKUNJUNG KE INLAND UNIVERSITY NORWEGIA DIDUKUNG OLEH CABNEI ERASMUS+ EUROPIAN UNION

Fakultas keperawatan Universitas Syiah Kuala berpartisipasi dalam International Workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perawat pendidik dalam menerapkan metode simulasi dalam proses belajar. Workshop yang berlangsung  selama 5 hari (17-21 Oktober 2022) dilakukan sebagai bagian dari proyek kerjasama dengan 4 universitas Skandinavia, dan 4 lembaga pendidikan di Aceh, yang didanai oleh Erasmus + Program Uni Eropa. Kegiatan ini berlangsung di kampus Universitas Innland, Elverum, Norwegia. Workshop ini merupakan bagian dari berbagai kegiatan yang telah disepakati dalam nota kerjasama atau Memorandum of Understanding (MOU) antara empat Institusi Pendidikan di Aceh yang salah satunya adalah Fakultas Keperawatan dengan empat universitas di Skandinavia yaitu Innland University of Applied Sciences, Karlstad University, Østfold University College, dan University College South Denmark yang dimulai pada tahun 2021 dengan nama Capacity Building of Nursing education in Indonesia (CABNEI).

Workshop ini diselenggarakan oleh Ostfold University dan Innland University dengan melibatkan 8 dosen dari Fakultas Keperawatan USK. Tim ini berpartisipasi dalam sesi kelas interaktif dalam menerapkan metode simulasi, serta kunjungan lapangan ke NAV hjelpemiddelsentral dan Innlandet Hospital Trust. Lokakarya ini dibuka oleh Wakil Walikota Elverum Eldri Svisdal dan Rektor Universitas Innland Profesor Stine Gronvold. Dalam sambutannya wakil walikota Eleverum menyampaikan apresiasinya terhadap proyek ini karena merupakan sesuatu yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi ilmu dan keterampilan para pendidik khususnya di bidang kesehatan. Rektor Innland University juga mengatakan, “Kami sangat senang dengan adanya proyek ini. Semoga kerjasama ini dapat terus diperkuat dan berkelanjutan di masa yang akan datang”. Tim juga berkesempatan mengunjungi ibu kota Norwegia, Oslo, untuk kegiatan budaya

Dalam lokakarya tersebut, tim juga mengikuti beberapa pertemuan terkait manajemen proyek dan persiapan konferensi internasional pendidikan keperawatan mendatang pada tahun 2023. Sebagai bagian dari proyek CABNEI yang dilaksanakan sejak April 2021, akan diadakan lokakarya penelitian keperawatan pada Desember 2022.

EnglishIndonesia