preloader

FAKULTAS KEPERAWATAN TELAH MENYELESAIKAN RANGKAIAN KEGIATAN DI DESA DAN SEKOLAH BINAAN

FAKULTAS KEPERAWATAN TELAH MENYELESAIKAN RANGKAIAN KEGIATAN DI DESA DAN SEKOLAH BINAAN

Fakultas Keperawatan telah menyelesaikan serangkaian kegiata di desa binaan dan sekolah binaan pada sejak Juni hingga Oktober 2022. Pada Sabtu, 29 Oktober 2022, Closing Ceremony dilakukan di desa Cot Preh, Aceh Besar. Acara ini ditutup oleh Ketua BEM Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Nadia Rizkina. Acara penutupan ini turut dihadiri oleh Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, diantaranya Ns. Aklima, MNS., Ns. Nani Safuni, MNg., Ns. Husna Hidayati, MNS, serta dihadiri oleh Sekretaris Desa Cot Preh, Sekretaris Camat Kuta Baro, Kepala Puskesmas Kuta Baro, Kepala SDN Cot Preh,dan Kader Posyandu, dan 28 orang mahasiswa sebagai panitia Desa Binaan dan Sekolah Binaan serta warga desa Cot Preh.

Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan di desa binaan ini adalah penyuluhan hipertensi, penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), senam jantung sehat, penyuluhan asam urat, penyuluhan TBC dan penyuluhan pencegahan stunting dan MPASI. Di sekolah binaan yaitu SDN Cot Preh juga dilakukan beberapa kegiatan seperti Penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sekolah, mencuci tangan, menggosok gigi, penyuluhan tindakan kriminal bullying dan  pencurian, serta melakukan senam jantung sehat.

“Semoga kegiatan-kegiatan yang telah terlaksana bias memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Cot Preh dan bagi pihak SD Cot Preh dan juga semoga kedepannya silaturrahmi kita masih terjalin dengan baik dan kami dapat diterima dengan tangan terbuka di masyarakat Cot Preh nanti nya” Ujar Nadia Rizkina selaku Ketua BEM Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Cot Preh menyampaikan, “Semoga dengan adanya Desa Binaan dan Sekolah Binaan di Desa Cot Preh  para warga desa Cot Preh dapat lebih memahami masalah kesehatan dengan  baik dan bisa mengetahui bagaimana cara pencegahan masalah-masalah kesehatan yang bias saja muncul dalam kehidupan sehari-hari”

Pada kesempatan lain, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Keperawatan, Dr. Ns. Hilman Syarif, M.Kep., Sp.Kep.MB juga menyampaikan harapannya, “Serangkaian kegiatan di desa dan sekolah binaan ini kami harapkan mampu membangun kepekaan sosial mahasiswa terhadap masalah yang terjadi dalam masyarakat, sehingga meningkatkan kerjasama dan berinisiatif tinggi dalam pemecahan masalah secara ilmiah. Kegiatan-kegiatan ini memberikan kesempatan bagi Fakultas Keperawatan untuk mampu berkontribusi secara nyata bagi masyarakat dalam mencapai visi dan misi Fakultas yang berfokus pada keperawatan komunitas”

EnglishIndonesia