Ribuan Mahasiswa Unsyiah Ikuti PAKARMARU

Menyambut kehadiran mahasiswa baru 2014, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melaksanakan kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU) yang dipusatkan di gedung Academy Activity Centre (AAC) Darussalam, Jumat (29/8). Kegiatan pembekalan ini direncanakan akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut dan akan berakhir pada Minggu (31/8).


Dalam sambutannya, Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., menyampaikan bahwa mahasiswa harus memiliki kualitas yang unggul menghadapi kompetisi akademik kompetitif serta memiliki karakter kuat. “Terbentuknya karakter mahasiswa sangat dipengaruhi oleh organisasi yang diikuti mahasiswa. Oleh karena itu, saya sangat menganjurkan agar setiap mahasiswa mengikuti organisasi baik di dalam maupun luar kampus,” tegasnya.


Rektor juga menekankan bahwa kegiatan PAKARMARU Unsyiah ini tidak berbentuk perploncoan. Karena, menurutnya, perploncoan dapat merendahkan martabat mahasiswa baru sebagai calon intelektual muda dan tumpuan harapan bangsa di masa mendatang.


Kegiatan rutin setiap tahun ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Unsyiah sebelum dimulainya proses perkuliahan. Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, mahasiswa baru akan mendapat pembekalan tentang berbagai bidang dari pejabat terkait, seperti pembinaan karakter kebangsaan dari Panglima Kodam Iskandar Muda, karakter kedisiplinan dari Kapolda Aceh, pemahaman antikorupsi dari Kajati Aceh, pengenalan organisasi mahasiswa dari Pembantu Rektor III dan Ketua BEM Unsyiah, serta motivasi dari ESQ.


Rektor juga mengharapkan, kegiatan ini mampu memperkenalkan Unsyiah, baik mengenai kegiatan akademik yang bersifat kurikuler maupun ekstrakurikuler. Para mahasiswa baru ini juga dilatih menyanyikan hymne dan mars Unsyiah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap almamater. Di hari pertama PAKARMARU, peserta terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, juga Fakultas Kelautan dan Perikanan. Dijadwalkan di hari kedua, peserta PAKARMARU terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknik, FISIP, FMIPA, dan Kedokteran Gigi.


Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng.; Panglima Kodam Iskandar Muda, (Pangdam IM) Agus Kriswanto; Kapolda Aceh; Kajati Aceh; para pembantu rektor, dekan, dan pembantu dekan di lingkungan Unsyiah; serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsyiah dan fakultas. Acara akan diakhiri dengan penyerahan mahasiswa baru dari universitas ke fakultas masing-masing.[un-be]