Koasistensi sambil Bermain dengan Hewan

Co-assistant atau koasistensi (co-ass) yang menjadi bagian dari studi mahasiswa lulusan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) bukanlah program belajar yang sulit. Program tersebut malah menjadi wahana baru untuk bermain bagi para dokter hewan muda di FKH Universitas Syiah Kuala, Selasa (19/8).

“Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada kesulitan yang dihadapi dalam proses co-ass. Malah, banyak ilmu baru yang bisa didapat di sini. Di sini kami bisa bermain dengan hewan dan mengenal mereka lebih jauh,” ujar Raja Martunis Selian, S.K.H.

Ia mengatakan, aktivitas co-ass berlangsung di laboratorium bedah atau klinik bedah. Di sini ada pascaperawatan anjing yang menjadi kegiatan rutin. Setelah anjing dibedah, lalu dirawat. Paginya diberi obat dan kembali dilakukan perawatan serta pengurungan. Ini bagian dari kesinambungan mata kuliah yang ada sebelumnya. Jadi, materi yang telah diberikan lalu dipraktikkan di lapangan.

“Aktivitas co-ass tersebut berada di bawah bimbingan para dosen dan staf di Laboratorium Bedah FKH Unsyiah. Umumnya, pembedahan menggunakan sampel dari anjing. Di samping itu, kalau ada hewan lain seperti kucing juga bisa mendapat perawatan di klinik tersebut,” sebut Raja.

Namun, sambungnya, tugas mandiri sementara ini masih menggunakan anjing sebagai sampel. Lokasi pemeliharaan berada di FKH, sementara karantina di kandang laboratorium untuk rawat inap hewan. Lantaran sedang musim hujan, maka lokasinya dipindahkan sementara ke tempat lain yang ada di pekarangan FKH.

“Banyak kesan yang saya dapat saat di FKH, khususnya selama co-ass, sangat luar biasa. Di sini mahasiswa dididik untuk menyayangi hewan. Mereka juga makhluk ciptaan Allah Swt. yang perlu dijaga sehingga akan melahirkan sebuah keseimbangan alam,” pungkas Raja.

Pada kesempatan lain, Asisten Klinik Bedah FKH Unsyiah, Mahmudi, yang juga mahasiswa FKH Unsyiah menyebutkan, para mahasiswa FKH sudah diajarkan cara bersuci apabila terkena najis seperti liur anjing dan lainnya. Jadi, usai memegang anjing, biasanya mereka akan bersuci dengan bersamak.[rz-be]