Izin Kampus Unsyiah Galus Keluar

September Diresmikan Dirjen Pendidikan
Kampus Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Kabupaten Gayo Lues (Galus) yang diperjuangkan Bupati Ibnu Hasim akhirnya mendapat izin dari Kemendikbud di Jakarta. Direncanakan, bulan depan atau September 2014, kampus kebanggan masyarakat Negeri Seribu Bukit itu akan diresmikan oleh Dirjen Pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Galus, Ibnu Hasim seusai menemui Dirjen Pendidikan di Jakarta kepada Serambi melalui telepon, Kamis (14/8) siang. Dikatakan, rombongan yang menghadap Dirjen, selain dirinya, juga Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng.; Ketua DPRK, H. Ali Husin; dan Ketua Percepatan Pembangunan Kampus Unsyiah, Abdul Manaf, S.E.

Ibnu Hasim menyatakan, dalam pertemuan tersebut, Dirjen Pendidikan yang berada di Jakarta akhirnya menyetujui peresmian Kampus Unsyiah Galus yang berada Blangnangka pada September 2014 mendatang.

“Alhamdulillah, Dirjen sudah menyetujui peresmian Kampus Unsyiah Galus pada September 2014,” jelasnya. Dia menambahkan, tiga fakultas yang telah direncanakan sebelumnya juga disetujui, yakni Fakultas Ekonomi Manajemen, Fakultas Pertanian dengan jurusan Agro Pertanian, dan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jurusan Ilmu Biologi. Dirjen juga menyetujui penambahan satu program studi (prodi), yakni Fakultas Kehutanan.

“Insya Allah, Dirjen akan datang untuk meresmikan Kampus Unsyiah Galus pada awal September 2014 bersama Gubernur Aceh dan Rektor Unsyiah Banda Aceh,” sebut Ibnu Hasim. Ibnu juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unsyiah Banda Aceh, juga Gubernur Aceh beserta jajarannya atas dukungan selama ini.

“Akhir Agustus ini, penerimaan mahasiswa baru tahun pelajaran 2014/2015 akan dibuka, sehingga awal September perkuliahan perdana di Kampus Unsyiah Galus sudah dimulai,” katanya.

Ibnu Hasim meminta masyarakatnya untuk memanfaatkan kampus ini untuk putra-putrinya melanjutkan pendidikan. Dia menjelaskan, dengan adanya kampus ini, maka sumber daya manusia (SDM) Galus akan meningkat sehingga akan mampu mengejar ketertinggalan dalam pembangunan dari daerah lain.

Sementara, Rektor Unsyiah Banda Aceh, Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng., mengatakan, awal September 2014 perkuliahan dimulai di kampus Unsyiah Galus. Dia menjelaskan, peresmian akan dilakukan oleh Dirjen dan kemungkinan juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Seperti dilansir sebelumnya, Bupati Gayo Lues (Galus) Ibnu Hasim akan mengurus izin pembukaan kampus Unsyiah di Blangnangka Kecamatan Blangjerango yang direncanakan bulan depan atau September 2014. Dia akan mendampingi Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng., untuk menyerahkan langsung surat dari Pemkab Galus tentang kampus ke Dirjen Pendidikan di Jakarta.

Ibnu Hasim, Senin (11/8), menyatakan, seluruh surat telah disiapkan untuk dibawa ke Banda Aceh, dan pada Selasa (12/8), dirinya akan terbang bersama Rektor Unsyiah melalui Bandara Iskandar Muda ke Jakarta. Dia menjelaskan, pada tahun ajaran perdana tahun ini, sebanyak dua ribu mahasiswa baru siap ditampung.

“Pemkab sudah siap menyambut perkuliahan di Kampus Usyiah Galus yang dimulai September 2014 mendatang,” jelas Ibnu Hasim. Dia juga mengharapkan dukungan dari masyarakat sekitar kampus untuk menyediakan rumah kos para mahasiswa, terutama bagi mahasiswa luar daerah atau juga asal Kabupaten Galus.[mr-be]

Sumber : www.aceh.tribunnews.com