FKEP Selenggarakan Workshop Optimalisasi Rencana Pembelajaran Semester

Darussalam –  Fakultas Keperawatan (FKEP) Universitas Syiah Kuala menggelar Workshop Optimalisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan tema “Sinkronisasi RPS dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran”. Workshop yang dihelat di Aula Fakultas Keperawatan ini menghadirkan Dr. Sofia, MS.i Selaku Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan LP3M yang juga merupakan Dosen Fakultas Kedokteran dan DR. M. Hasan, M.Si selaku Reviewer RPS LP3M/Wakil Dekan I FKIP Unsyiah.

Kegiatan Workshop dibuka oleh Ketua Panitia Ns. Arfiza Ridwan MNS, ia berharap dengan adanya kegiatan ini semua dosen harus mampu untuk mengetahui dan memahami yang terkait dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Tujuan dari kegiatan ini yaitu menyusun RPS yang baik, sistematis dan sesuai dengan standar unsyiah dan KKNI. RPS yang dimaksud tidak hanya dibutuhkan pada tahap sarjana tapi juga pada tahap profesi hingga magister , tutup ketua panitia.

Selanjutnya kata sambutan dari Dekan Fakultas Keperawatan yang dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Dekan II Ns.Ardia Putra, MNS, dalam sambutannya ia berharapan seluruh dosen bisa mengikuti kegiatan ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan nantinya RPS yang telah disusun akan sama-sama diperbaiki sehingga ini bisa menjadi bahan persiapan untuk bahan perkuliahan yang akan dilaksanakan pada 5 februari mendatang.

Penyampaian materi workshop yang disampaikan Dr. Sofia, MS.i mengenai “Sosialisasi Penyusunan RPS sesuai dengan SN DIKTI” dan selanjutnya materi ke dua dengan topik “Sinkronisasi RPS pada system Blok dalam Rangkam Meningkatkan Kualitas Pembelajar” yang disampaikan oleh Dr.M. Hasan, M.Si. Setelah penyampaian materi wokshop dilanjutkan dengan diskusi dan penyusunan RPS dalam Kelompok prodi yang dengan fasilitator untuk S1 adalah Ns. Arfiza Ridwan, MNS, fasilitator Profesi Ners Ns. Nurhasanah, M.Kep dan Program Studi Magister dengan Fasilitator Ns. Suryane Sulistiyana Susanti, MA,Ph.D. Hasil diskusi kemudian dipresentasi berdasarkan kelompok kerja dan seluruh RPS hasil workshop didokumentasikan kepada panitia . (AS/YS)