FKEP Selenggarakan Wisuda Lokal Periode Petama Tahun Akademik 2017/2018

Banda Aceh – Fakultas Keperawatan (FKEP) Universitas Syiah Kuala menggelar prosesi wisuda lokal lulusan Program Magister, Sarjana dan Profesi periode petama tahun akademik 2017/2018, yang berlangsung di Aula Fakultas Kedokteran, pada Selasa (7/2).

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh saudara Zulkarnaini dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Proses acara berlangsung dalam 3 tahapan, diawali dengan pembacaan Yudisium tingkat kelulusan Magister Keperawatan (M.kep.) oleh wakil dekan bidang akademik Fakultas Keperawatan Universitas  Syiah kuala Teuku Tahlil, S.Kep., MS., Ph.D dan pemberian surat pernyataan yudisium oleh dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep. didampingi oleh ketua Program Studi Magister Keperawatan Ns. Asniar, S.Kp., M. Kep.,Sp.Kom., Ph.D.

Prosesi selanjutnya, dilanjutkan dengan Ikrar Janji Sarjana keperawatan di pimpin oleh Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala Ns. Hasmila Sari, M.Kep., Sp.Kep.J. ditandai dengan penandatanganan janji Sarjana keperawatan yang disaksikan oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Wakil dekan I Fakultas keperawatan Universitas Syiah Kuala, Ketua Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas syiah kuala.

Prosesi Tahapan akhir dilanjutkan dengan pengambilan sumpah Ners oleh ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Provinsi Aceh bapak Abdurrahman, S.Kp, M.Pd didamping oleh dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Pada acara tersebut Ketua DPW PPNI Aceh juga menyematkan PIN PPNI dan penyerahan buku kode etik keperawatan Indonesia secara simbolis kepada perwakilan wisudawan. 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Keperawatan Unsyiah Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep menyampaikan, jumlah seluruh wisudawan dan wisudawati sebanyak 28 orang dengan rician Sarjana Keperawatan (S.Kep) 20 orang, Magister Keperawatan (M.Kep) 4 orang dan 3 orang dari Profesi Keperawatan (Ners).

Dalam proses pendidikan tidak ada yang mudah, baik dari sisi penyelenggara harus  mengikuti sistem regulasi Negara yang terus  berubah-ubah yang menuntut perubahan signifikan. Fakultas Keperawatan selalu menerima masukan dari seluruh stakeholder. Selanjutnya, Dekan juga mengingatkan bahwa bagi sarjana keperawatan akan memasuki tahapan selanjutnya yaitu tahap profesi. Bagi lulusan profesi agar mempersiapkan diri untuk mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan dalam maktu dekat dan lulus. selanjutnya, bagi lulusan magister keperawatan yang umumnya sudah bekerja diharapkan agar menunjukkan perilaku sebagai seorang magister keperawatan dengan meningkatkan performa pada tempat kerjanya. Akhirnya, dekan juga menymapikan bahwa lulusan Fakultas keperaweatan dijadwalkan akan mengikuti prosesi wisuda yang akan diadakang pada tanggal 7 februari 2018. (JN/YS)