Fakultas Keperawatan Gelar Workshop Penguatan Kurikulum Berbasis KKNI

Banda Aceh –  Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menggelar Workshop Penguatan Kurikulum Keperawatan Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Workshop yang dihelat di Aula Fakultas Keperawatan ini menghadirkan Dr. Muhammad Hadi, SKM., M.Kep. Ketua Umum AINEC dan Dr. Fitri Hariyanti, S.Kp., M.Kes bagian Kurikulum AIPNI sebagai Narasumber.

Ketua Panitia, Ns. Budi Satria,MNS dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 7 – 8 September 2018. Beliau berharap kehadiran dari para dosen fakultas keperawatan untuk terlibat penuh dari awal sampai akhir dan memberikan kontribusi, melakukan sharing, diskusi untuk masukan, sehingga masukan-masukan itu mendapatkan feedback dari AIPNI pusat sehingga nantinya menjadi lebih baik,dan kurikulum yang telah disusun menjadi lebih optimal, ujar Ns. Budi Satria,MNS.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Keperawatan  Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep., beliau menjelaskan pentingnya diadakan workshop ini adalah sebagai upaya pencapaian sasaran belajar dan kompetensi maupun profil daripada lulusan ners maupun lulusan magister, papar beliau dalam sambutannya.

Penyampaian materi workshop pada hari pertama yang disampaikan Dr. Muhammad Hadi, SKM., M.Kep mengenai Peranan AIPNI dalam mengoptimalkan kurikulum berbasis KKNI dan dilanjutkan Kuliah umum dengan topik “Isu dan masalah terkini dalam kepemimpinan dan manajemen keperawatan. 

Hari ke dua, topik Penguatan dan sinkronisasi penyusunan kurikulum program studi sarjana, pendidikan profesi Ners dan Magister Keperawatan berbasis KKNI yang disampaikan oleh Dr. Fitri Hariyanti,. Setelah penyampaian materi wokshop dilanjutkan dengan presentasi terkait evaluasi kurikulum program studi oleh masing masing koordinator prodi dan diskusi optimalisasi kurikulum program studi sarjana, profesi Ners dan magister keperawatan berbasis KKNI dan dilanjutkan dengan pleno hasil diskusi oleh narasumber. 

Akhirnya, masuk pada tahapan seremonial penutupan, Dekan mengucapkan terima kasih kepada pemateri, panitia dan seluruh peserta yang telah hadir. Dekan beserta unsur pimpinan juga menyerahkan cendera mata kepada kedua pemateri.  "Dengan Mengucapkan Alhamdulillah puji syukur kepada Allah acara workshop Penguatan Kurikulum Keperawatan Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) resmi di tutup" tutup Dekan Fakultas Keperawatan. (AS/YS)