Berbagi Sedekah di Idul Adha, LDF Ash-Shihah Fakultas Keperawatan Unsyiah Adakan QURMA (Qurban Bersama)

Fakultas Keperawatan (23/8/2018). Lembaga Dakwah Fakultas (LDF ) Ash-Shihah Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala antusias dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha dengan menyelenggarakan kegiatan Qurban Bersama (QURMA)  pada Kamis 23 Agustus 2018 bertempat di halaman Fakultas Keperawatan. Kegiatan QURMA ini mengusung tema  “Damaikan Perasaan, Wujudkan Kepedulian Dengan Berqurban”. 

Penyelenggaraan QURMA merupakan salah satu program kerja Departemen Syiar, dimana kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian kita sebagai umat islam untuk berbagi dan mensyukuri setiap nikmat yang telah Allah berikan dan  untuk meningkatkan tali silaturrahmi para civitas Akademik Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala,  organisasi-organisasi yang ada dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala, serta berbagi kebahagiaan kepada warga yang kurang mampu. Rangkaian acara dalam kegiatan ini meliputi penyembelihan hewan qurban, pemotongan, pembagian daging qurban dan tausiyah yang disampaikan oleh Ust. Tri Wahyudi, ST, CHT.

Pada kegiatan ini semua mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan membantu mempersiapkan pelaksanaan qurban. Alhamdulillah, tahun ini jumlah hewan qurban sebanyak 1 sapi dan 5 kambing. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus LDF Ash-Shihah Fakultas Keperawatan Unsyiah periode 2018/2019, Pimpinan Fakultas, staff Fakultas Keperawatan, dan Mahasiswa baru. Kegiatan ini dimulai pukul 05.00 WIB yaitu proses penyembelihan 1 (Satu ) Sapi dan 5 ( Lima ) kambing. Usai penyembelihan juga turut dirangkaikan dengan acara pembagian daging qurban kepada masyarakat yang memiliki kupon qurban dan telah diberikan sebelum penyembelihan dilangsungkan. Banyak masyarakat yang juga turut antusias dan senang dengan diadakannya kegiatan ini.

Setelah pembagian daging qurban dilanjutkan dengan acara Tausiyah yaitu pada pukul 11.20 WIB dengan pembukaan oleh MC yaitu M.Rijalul Fakhri,S.Kep dan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Faturrahman , kata sambutan ketua panitia yaitu Farhan Saputra, kata sambutan oleh ketua LDF Ash-Shihah Fakultas Keperawatan Ulil Amri dan selanjutnya adalah kata sambutan sekaligus pembukaan oleh Dekan Fakultas Keperawatan Dr. Hajjul Kamil, S.Kp., M.Kep. Agenda terakhir dalam acara formal pada kegiatan QURMA ini adalah pembacaan Doa oleh Muhammad Furqan dan penutupan.

Seusai pembukaan acara formal , kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh pemateri yaitu Ust. Tri Wahyudi,ST,CHT mengenai “Hikmah Berqurban dalam Kehidupan”. Ulil Amri selaku ketua LDF Ash-Shihah menyampaikan “Alhamdulillah saya senang acara ini berjalan dengan lancar. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membantu antar sesama umat islam.” Ulil juga menambahkan bahwasanya kegiatan QURMA (Qurban Bersama) ini adalah satu satunya qurban yang dilaksanakan oleh LDF yang ada di Unsyiah. “Semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan semakin mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan,” ungkapnya.