Program Studi Profesi Ners

Sejarah Program Studi Profesi Ners

Program Studi Pendidikan Ners mendapatkan izin berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 267/D/O/2008 tanggal 31 Desember 2008 tentang izin penyelenggaraan pendidikan profesi Ners. Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala pada awalnya merupakan satu kesatuan dengan Program Studi Ilmu Keperawatan yang sebelumnya berada di bawah Fakultas keperawatan Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 2013 berubah status meningkat menjadi Fakultas Keperawatan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 1016 Tahun 2013 Tanggal 2 September 2013 tentang Pembentukan Fakultas. Sejak perubahan peningkatan status sampai saat ini, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala memiliki tiga program studi yaitu; Program Studi Ilmu Keperawatan, Program Studi Profesi Ners, dan Program Studi Magister Keperawatan.

Sesuai dengan pengembangan tata kelola tersebut, untuk mengisi jabatan kedua program studi maka dilakukan pemilihan ketua program studi baru yang dilaksanakan oleh senat Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang diperluas melalui suatu proses yang demokratis, ilmiah dan transparan sama seperti yang dilakukan pada saat Program Studi masih berada di bawah Fakultas keperawatan Universitas Syiah Kuala.  Setelah  terpilih  Ketua  untuk kedua  program studi,  Dekan  Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala melantik Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala periode 2014-2018 yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor 1237 Tahun 2014, Tanggal 29 Agustus 2014, Tentang Pemberhentian/Pengangkatan  Para  Ketua  Program  Studi  Pada  Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Para Ketua Program Studi juga dibantu oleh seorang Sekretaris Program Studi yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor 1648 Tahun 2014 Tentang Pemberhentian/Pengangkatan Para Sekretaris Program Studi Pada Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Untuk kelancaran roda organisasi masing- masing program studi yang selanjutnya disebut sebagai Program Studi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dibantu oleh lima orang staf yang bertugas sebagai pembantu pimpinan, mengurus adminstrasi pendidikan, administrasi umum dan perlengkapan, administrasi keuangan dan kepegawaian, serta urusan kemahasiswaan.

VISI

Visi Program Studi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala adalah: Menjadi Program Studi Ners terkemuka pada tingkat nasional dan regional dengan keunggulan bidang keperawatan komunitas yang  menghasilkan  lulusan  Ners profesional, mandiri dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika pada tahun 2019.

MISI

  1. Menyelenggarakan  pendidikan   keperawatan    berkualitas   yang   mampu menghasilkan lulusan Ners profesional, mandiri, menjunjung tinggi nilai-nilai moral, dan etika yang relevan dengan tantangan perkembangan keperawatan nasional dan regional dengan keunggulan dalam bidang keperawatan komunitas.
  2. Melaksanakan dan    mengembangkan    penelitian    keperawatan    dengan keunggulan bidang keperawatan komunitas yang dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan keperawatan kepada masyarakat yang relevan dengan tantangan perkembangan keperawatan nasional dan regional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan meningkatkan peran lulusan, institusi, dan masyarakat serta mengembangkan sistem pelayanan keperawatan profesional terpadu di masyarakat.

TUJUAN

  1. Terwujudnya pendidikan yang memenuhi standar mutu secara bertahap dan berkelanjutan dengan menyiapkan dan menghasilkan lulusan Ners profesional yang mampu memenuhi standar kompetensi nasional, regional, menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, moral, dan etika serta kemampuan pengembangan diri secara berkelanjutan dengan keunggulan bidang keperawatan komunita
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas pelaksanaan penelitian keperawatan khususnya dalam bidang keperawatan komunitas sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan, penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan pelayanan keperawatan kepada masyarakat yang relevan dengan tantangan perkembangan keperawatan nasional dan regional.
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian masyarakat sebagai upaya meningkatkan peran lulusan, institusi dan masyarakat dalam menumbuh- kembangkan kemandirian dan keunggulan sumber daya lokal serta pengembangan sistem pelayanan keperawatan profesional terpadu di masyarakat.

Penerimaan mahasiswa baru pada Program Studi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dalam tiga tahun terakhir berlangsung melalui beberapa tahapan yaitu; Pendaftaran, Seleksi ujian Kepaniteraan Klinik Keperawatan Junior (K3J), dan penerimaan melalui ujian tulis setelah melalui proses Kepaniteraan Klinik Keperawatan Junior (K3J) yang terdiri dari pembekalan materi setiap bagian keilmuan, selama beberapa minggu jika dinyatakan lulus maka dilanjutkan Kepaniteraan Klinik Keperawatan Senior (K3S) dan dilanjutkan dengan peminatan sehingga jumlah SKS 38 dengan sebaran Mata Kuliah sebagai berikut :