Profil Pimpinan

Dekan

Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep.

Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala

Hajjul Kamil, lahir di Aceh Timur tanggal 7 Maret 1968, menyelesaikan pendidikan keperawatan di Akademi Keperawatan Dep.Kes.RI Banda Aceh tahun 1989, Lulusan Keperawatan tahun 1999 dan Magister Ilmu Keperawatan tahun 2001 di Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia Jakarta , 2015 menyelesaikan gelar Doktor dalam Ilmu Kedokteran dan Kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Minat penelitian tentang manajemen keperawatan, kualitas perawatan kesehatan / keperawatan, keselamatan pasien, dan keperawatan transkultural. Saat ini aktif sebagai pengurus Association of Indonesian Nurse Education Center (AINEC), pengurus dari Indonesian National Nurse Association (INNA), dan anggota The International Nurses of Council (ICN).

Wakil Dekan

Dr. Teuku Tahlil, S.Kp. MS

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala

Teuku Tahlil menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Padjadjaran, MS di Universitas Arkansas, dan PhD di Universitas Flinders (di mana ia menerima penghargaan mahasiswa bergengsi – Penghargaan Wakil Rektor untuk Keunggulan Tesis Doktoral). Tahlil adalah dosen keperawatan kesehatan masyarakat di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Bidang usaha akademisnya meliputi perawatan kesehatan komunitas, pengembangan komunitas, perawatan bencana, epidemiologi, dan penelitian keperawatan. Ia meneliti sejumlah topik tentang masalah kesehatan masyarakat. Ini termasuk promosi kesehatan sekolah, perawatan bencana, HIV / AIDS dan perilaku berisiko kesehatan remaja. Secara khusus, ia memfokuskan tujuan penelitiannya pada bagaimana mengurangi tingginya proporsi merokok, penggunaan narkoba dan perilaku berisiko kesehatan lainnya di kalangan anak muda Indonesia

Ners. Ardia Putra, S.Kep., MNS

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala

Ardia Putra, lahir di Banda Aceh tanggal 17 Oktober 1982. Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Menyelesaikan studi S1 (S.Kep) pada tahun 2005 dan profesi perawat (Ners) pada tahun 2007 di Sekolah Keperawatan Fakultas Kedokteran Unsyiah. Kemudian melanjutkan Magister Keperawatan di Prince of Songkla University dengan judul Master Nursing Scince (MNS), Thailand dan menyelesaikan studi pada tahun 2011. Sekarang, di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, saya berdiri di Jurusan Keperawatan Dasar dengan ilmu bidang Manajemen Keperawatan.
 

Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep., Sp.Kep.An

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala

Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep. Sp.Kep.An merupakan dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Lahir di Banda Aceh pada tanggal 27 April 1981. Lulus Sarjana Keperawatan tahun 2004 dan Lanjutan Profesi Keperawatan (Ners) di Sekolah Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Aceh, Bahasa Indonesia tahun 2006. Kemudian, melanjutkan Magister Keperawatan dan Spesialis Keperawatan Anak di Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia Tahun 2010. Minat penelitian tentang Keperawatan Anak, Keperawatan Neonatal dan Menyusui. Saat ini aktif sebagai pengurus asosiasi perawat anak Indonesia, anggota asosiasi perinatologi Indonesia.
 

Ketua & Sekretaris Jurusan

Ns. Syarifah Rauzatul Jannah, S.Kep., MNS., Ph.D

Ketua Jurusan

Syarifah Rauzatul Jannah merupakan dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Bidang minatnya adalah Kesehatan Mental dan Perawatan Psikiatri. Meraih gelar Sarjana Keperawatan pada tahun 2002 dari Program Studi Ilmu Keperawatan Unsyiah. Ia menyelesaikan gelar Magister Keperawatan pada tahun 2009 dari Fakultas Keperawatan, Universitas Prince of Songkla, Thailand. Saat ini, ia baru saja menyelesaikan gelar doktornya dari Fakultas Keperawatan, Prince of Songkla University, Thailand. Saat ini, dia aktif sebagai dosen di departemen kesehatan mental dan perawatan psikiatri. Dia melakukan proyek penelitiannya di skizofrenia, masalah psikososial, dan kepatuhan pengobatan.

Ns. Budi Satria, S.Kep., MNS.

Sekretaris Jurusan

Budi Satria adalah dosen Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. Lulus dari Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Program Profesi Ners (Clinical Internship). Kemudian melanjutkan Master of Nursing di Prince of Songkla University, Thailand, dengan fokus pada community care. Keahliannya adalah perawat komunitas, perawatan kesehatan masyarakat, perawatan keluarga, dan perawatan bencana. Penelitiannya mengenai Kajian Kehidupan Spriritual Berbasis Komunitas untuk Meningkatkan Ketangguhan Lansia yang Bertempat Tinggal di Daerah Rawan Bencana. Berpartisipasi dalam Asosiasi Keperawatan Indonesia dan aktif sebagai alumni Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.

Koordinator Program Studi

Ns. Hasmila Sari, M.Kep., Sp.Kep.J

Koordinator Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan

Ns. Hasmila Sari, M.Kep., Sp.Kep.J lahir di Matang Glumpang Dua 10 November 1980. Saya menyelesaikan gelar Sarjana Keperawatan dan Profesi Keperawatan (Ners) di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Indonesia tahun 2006. Kemudian, saya menyelesaikan magister dan spesialis Keperawatan Jiwa di Universitas Indonesia pada tahun 2010. Sejak tahun 2010, menjadi pengajar di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Berdasarkan latar belakang saya, tertarik untuk meneliti kesehatan mental dan perawatan psikiatri.

Ns. Devi Darliana, S.Kep., M.Kep., Sp.MB

Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Ners

Saya telah menyelesaikan gelar master dan spesialis keperawatan bedah medis pada tahun 2009 di Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia. Saya mulai aktif sebagai dosen di departemen keperawatan bedah mulai tahun 2002 dan bidang penelitian saya juga di departemen keperawatan bedah medik, terutama pada sistem kardiovaskular, sistem saluran kemih, dan sistem endokrin. Saat ini saya menjabat sebagai Ketua Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala periode 2014-2018. Motto hidup selalu belajar untuk menjadi yang terbaik.

Ns. Asniar, S.Kp., M. Kep.,Sp.Kom., Ph.D

Koordinator Program Studi S-2 Magister Keperawatan

Asniar telah bekerja sebagai dosen di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala sejak tahun 2001. Ia memiliki gelar Sarjana Ilmu Keperawatan, Magister Keperawatan Kesehatan Masyarakat, dan Spesialis Perawat dalam Keperawatan Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Keperawatan, Universitas Indonesia. Dia memperoleh gelar doktor dalam bidang Filsafat Ilmu Keperawatan dari Prince of Songkla University, Thailand, dan menerima Penghargaan Tesis dalam Humaniora. Selama studi doktoralnya, ia mengikuti program kunjungan di College of Nursing, Universitas Nasional Seoul, Korea Selatan selama semester musim semi dan musim panas. Minat utama penelitiannya adalah pada topik metode penelitian partisipatif masyarakat, metode penelitian kualitatif, keperawatan kesehatan sekolah, pengasuhan keluarga, dan promosi kesehatan remaja.

Kepala Laboratorium

Dr. Ners. Elly Wardani, M.S.

Kepala Laboratorium Keperawatan dasar dan Klinik

Elly lahir di Aceh Besar, 8 April 1983. Meraih gelar sarjana keperawatan di Universitas Syiah Kuala (2007). Pada 2008-2010, ia mengejar program keperawatan pascasarjana di University of California-San Francisco, AS, di bawah departemen Sistem Kepemimpinan dan Kesehatan Keperawatan. Dia kemudian pindah ke Inggris pada tahun 2012 untuk melanjutkan pendidikannya untuk program Ph.D di University of Sheffield. Setelah menyelesaikan Ph.D di bidang keperawatan, ia memutuskan untuk menjadi akademisi di Universitas Syiah Kuala pada April 2014. Bidang minatnya: Kepemimpinan Perawatan; Hasil kesehatan; Manajemen dalam Keperawatan; Ekonomi Kesehatan; dan Keperawatan Komunitas

 

Dr. Ns. Hilman Syarif, M.Kep., Sp.Kep.M.B.

Kepala Laboratorium Keperawatan Jiwa dan Komunitas

Hilman Syarif, M.Kep., Sp.Kep.MB, dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Saya aktif sebagai pengajar sejak tanggal 1 Desember 2010. Keahlian saya dalam keperawatan medikal bedah, khususnya keperawatan onkologi. Saya lulus dari program sarjana keperawatan di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara pada tahun 2005 dan program profesi perawat pada tahun 2006. Gelar magister keperawatan saya diselesaikan pada tahun 2009 di Fakultas Keperawatan, Universitas Indonesia dengan tesis saya ‘Pengaruh akupresur terhadap mual dan muntah akut yang diinduksi oleh chemoteherapy; uji klinis acak “. Dan program spesialis perawat saya dalam keperawatan bedah medis diselesaikan pada tahun 2010. Sejak September 2015, saya melanjutkan gelar doktor keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia dengan domain penelitian di bidang keperawatan onkologi.

Ns. Yuswardi, MNS.

Kepala Laboratorium Komputer dan Teknologi Informasi

Yuswardi, lahir di Bireuen tanggal 23 Januari 1985. Sejak 2010 menjadi dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Menyelesaikan profesi Sarjana Keperawatan (Ners) pada tahun 2009 di Sekolah Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Kemudian melanjutkan Magister Nursing di Prince of Songkla University dengan gelar Master Nursing Scince (MNS), Thailand dan menyelesaikan studi pada tahun 2013. Minat penelitiannya adalah manajemen keperawatan, kualitas pelayanan keperawatan dan keselamatan pasien.

Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Keperawatan

Drs. Yatasrif, M.Pd.

Kepala Sub Bagian

Balya, SE.

Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Fakultas Keperawatan

Dewi Malahayati, SH

Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Keperawatan