preloader

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI  GERAKAN MAHASISWA KEPERAWATAN PEDULI MASYARAKAT (GEMPAR) KE 10 DI KECAMATAN MEURAH DUA KABUPATEN PIDIE JAYA

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI  GERAKAN MAHASISWA KEPERAWATAN PEDULI MASYARAKAT (GEMPAR) KE 10 DI KECAMATAN MEURAH DUA KABUPATEN PIDIE JAYA

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala melaksanakan kegiatan Gerakan Mahasiswa Keperawatan Peduli Masyarakat (GEMPAR) ke 10 pada tanggal 7-9 Oktober 2022 di Kecamatan Meurah  Dua Kabupaten Pidie Jaya. Pada hari Kamis/6 Oktober 2022 dilakukan  pelepasan panitia dan peserta GEMPAR oleh Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU dan Dekan Fakultas Keperawatan Dr. Teuku Tahlil, S.Kp., MS dan  civitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Acara Gempar ke 10 ini diikuti oleh 88 orang panitia dan 126 orang peserta GEMPAR.

Jumat/7 Oktober 2022 dilakukan Opening Ceremony yang dihadiri oleh Asisten III Bupati Kabupaten Pidie Jaya, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Pidie Jaya, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Syiah Kuala, Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Wakil Dekan Bidang Alumni dan Kemahasiswaan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Koordinator Tata Usaha Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Sekretaris Jurusan, Koordinator Ilmu Keperawatan  Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Dosen Pembimbing, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Pidie Jaya, Perangkat Gampong Seunong, Meunasah Kulam dan Meunasah Bi, BEM, DPM, LDF Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.

Dalam sambutan Asisten III Bupati Kabupaten Pidie Jaya H. Said Abdullah, SH, M.K.M  mengatakan sangat mengapresiasi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang memilih Kabupaten Pidie Jaya untuk dilakukan pengabdian kepada masyarakat, harapan dari beliau kegiatan-kegiatan tri dharma lainnya juga bisa dilakukan di Kabupaten Pidie Jaya.

Dekan Fakultas Keperawatan Dr. Teuku Tahlil, S.Kp., MS mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan Gempar tahun ini baru diadakan secara tatap muka setelah 2 tahun pandemi Gempar dilakukan secara Daring. Dekan juga melaporkan bahwa Gempar kali ini menyusung tema “Mengabdi Dengan Aksi Menuju Desa Yang Makmur Sejahtera” dengan kegiatan yang akan dilakukan diantaranya: Home Visit, Penyuluhan SD, SMP, SMA, Penyuluhan Stunting, Penyuluhan ibu Hamil dan Imunisasi, Penyuluhan pada lansia, Lomba balita sehat, lomba menu sehat, lomba azan dan tahfidz, tanaman sehat dan pengobatan masal. Untuk pengobatan masal bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Aceh.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Marwan, S.Si., M.Si dalam kata sambutannya juga mengatakan Universitas Syiah Kuala selalu berupaya membantu masyarakat terutama dalam hal kesehatan dan Gempar yang dilakukan oleh Fakultas Keperawatan juga merupakan salah satu rangkain dari kegiatan Milad ke 61 Universitas Syiah Kuala. Diakhir sambutan Wakil Rektor membuka secaar simbolis acara Gempar ke 10 Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.

Setelah Opening Ceremony GEMPAR 10 dilakukan simbolis home visit pada salah satu rumah warga  di Desa Seunong. Kegiatan Home Visit Simbolis ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Syiah Kuala, Dekan Fakultas Keperawatan, Wakil Dekan I, II, III Fakultas Keperawatan.

Pada hari minggu 9 Oktober 2022 diadakannya Closing Ceremony di desa. Closing Ceremony dihadiri oleh Dekan Fakultas Keperawatan , Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan, civitas akademika Fakultas Keperawatan, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Pidie Jaya,  Perangkat Desa Seunong, Meunasah Kulam dan Meuansah Bi.

EnglishIndonesia