preloader

PAKARMARU KE-9 FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA 2022

PAKARMARU KE-9 FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA 2022

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala telah selesai menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) ke-9. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 5-6 Agustus 2022 di Fakultas Keperawatan USK.

Kegiatan ini bertujuan untuk membina karakter mahasiswa baru agar siap memasuki dunia perkuliahan dan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Fakultas Keperawatan setiap tahunnya. Pakarmaru ke-9 dilaksanakan kembali secara tatap muka setelah 2 tahun lalu dilaksanakan via Zoom Meeting akibat Pandemi COVID-19. Tahun ini, Pakarmaru mengangkat tema “Be a smart  and Professional Nurses in the Millenial Future” dengan konsep “Kota Pendidikan” yang bertujuan setiap orang yang masuk ke dalam kota ini akan menjadi individu yang penuh dengan pengetahuan dan memiliki karakter unggul. Pada kota ini setiap bangunan yang dibangun merupakan gambaran pondasi-pondasi penerus bangsa yaitu para generasi muda khususnya para Perawat Cerdas. Sesuai dengan Jargon Pakarmaru ke-9 yaitu “Perawat Cerdas Membangun Generasi yang Hebat”

Pakarmaru ke-9 ini diikuti oleh 130 peserta dan 48 panitia. Kegiatan ini diawali oleh Opening Ceremony yang dilaksanakan di Lapangan Fakultas Keperawatan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Keperawatan USK, Wakil Dekan I Fakultas Keperawatan USK, Wakil Dekan II Fakultas Keperawatan USK, Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan USK, beserta seluruh tamu undangan. Di awali oleh pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Alquran, paduan Suara, kata sambutan oleh Ketua BEM Fkep USK, kata sambutan oleh  Koordinator Pakarmaru 9, Dr. Hilman Syarif, M.Kep., Sp.Kep.M.B., kata sambutan oleh Dekan Fkep USK, Dr. Teuku Tahlil S.Kep., MS. Kata sambutan sekaligus pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Mustanir, M. SC., Kemudian penyematan pita oleh Dekan Fkep USK dan penutupan oleh MC.

Setelah Opening Ceremony, para mahasiswa diarahkan  untuk mengikuti kuliah dengan materi seputar Fakultas Keperawatan, yang terdiri dari 4 Materi yaitu Mengenal Lebih dekat dengan Dekanat, How We Learn in Faculty, Etika Kampus Biru, dan Organisasi Mahasiswa. Pembekalan materi ini disampaikan secara Talk Show sehingga peserta pun antusias mengikuti kegiatan ini. Setiap selesai materi disampaikan, peserta diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan kepada pemateri.

Pada hari kedua, mahasiswa baru dibekali 4 materi yaitu Perkembangan Teknologi di Dunia keperawatan, PKM dan Kompetisi, Nurses as Great Leader, dan The World of Nursing. Setelah itu, para mahasiswa kemudian bermain beberapa games kemudian kelompok yang menang diberikan hadiah oleh panitia. Selanjutnya para mahasiswa diberikan waktu ishoma, lalu siang harinya dilanjutkan kegiatan Tour Fakultas yang bertujuan untuk mengenali ruangan-ruangan yang ada di Fakultas Keperawatan. Daffa Yusril Alfarizi terpilih sebagai Komisaris leting 2022, Misbahhera sebagai Sekretaris dan M. Akram Shah Putra sebagai Bendahara.

Kemudian, acara ditutup dengan Closing Ceremony oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan alumni, Dr. Hilman Syarif, M.Kep., Sp.Kep.M.B. Kemudian mahasiswa baru diarahkan untuk membuat display berbentuk “FKEP 22” dan menyebutkan bersama jargon Pakarmaru ke-9 yaitu “Perawat Cerdas Membangun Generasi Hebat”.

EnglishIndonesia