preloader

Alumni Fakultas Keperawatan Unsyiah, Perwakilan Kontingen Indonesia Pada Program The Ship For Sountheast Asian and Japanese Youth Program

Alumni Fakultas Keperawatan Unsyiah, Perwakilan Kontingen Indonesia Pada Program The Ship For Sountheast Asian and Japanese Youth Program

JEPANG – Rijalul Fakhri, Alumni Fakultas Keperawatan Unsyiah jadi salah satu kontingen Indonesia pada The Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) 2019. SSEAYP 2019 merupakan program tahunan yang diadakan oleh pemerintah Jepang dan didukung oleh negara-negara Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesepahaman, rasa saling menghormati, dan timbulnya persahabatan antar negara Asia Tenggara dan Jepang ke depan. Program ini juga biasa di sebut sebagai program  kapal pemuda Asia Tenggara  dan Jepang.

Kegiatan yang merupakan kegiatan leadership ini ditujukan kepada seluruh pemuda dan pemudi negara ASEAN dan Jepang. Total peserta mencapai 317 orang. Kegiatan dimulai dari tanggal 24 Oktober sampai 13 Desember 2019 dan diselenggarakan di 5 negara yaitu Jepang, Vietnam, Singapore, Myanmar dan Indonesia.

Rijalul Fakhri mengatakan bahwa kegiatan berlangsung mulai saat di kapal hingga sampai ke Negara tujuan. Saat dikapal, para kontingen melakukan berbagai kegiatan, mulai dari diskusi bersama, national presentation yang merupakan kegiatan pertunjukan budaya dan kesenian negara asal, seminar dan kegiatan solidaritas seperti bermain games bersama. Setelah sampai di Negara tujuan, para kontingen melakukan kegiatan field study sesuai dengan 9 tema yang sudah ditentukan, salah satunya adalah tema tentang youth entrepreneur.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan ini membuat para pamuda dan pemudi melihat dunia menjadi lebih luas, menghargai perbedaan-perbedaan yang ada, mendapatkan banyak relasi dan lebih percaya diri dalam hal mengemukakan pendapat.

Ia juga berharap bahwa kegiatan ini dapat terus berlanjut dan semakin banyak pemuda dan pemudi yang mendaftar untuk program SSEAYP selanjutnya.

EnglishIndonesia