preloader

Fakultas Keperawatan Unsyiah Gelar Kompetisi Nasional Bagi Mahasiswa Keperawatan

Fakultas Keperawatan Unsyiah Gelar Kompetisi Nasional Bagi Mahasiswa Keperawatan

Banda Aceh 2019 – Badan Eksekutif Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menggelar COPINGS (Competition Of Indonesian Nursing Student) pada tanggal 13-15 September 2019 yang bertempat di Fakultas Keperawatan Unsyiah. COPINGS merupakan rangkaian perlombaan tingkat Nasional berlandaskan ilmu kesehatan khususnya keperawatan yang perdana di gelar oleh BEM Fakultas Keperawatan Unsyiah. Rangkaian perlombaan yang diadakan berupa Olimpiade Keperawatan Nasional dan Lomba Desain Poster Nasional.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa keperawatan dalam meningkatkan critical thinking, pengetahuan dan keterampilan dalam keperawatan serta dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melatih skill keperawatan yang dimiliki. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun tali silaturahmi antar seluruh mahasiswa keperawatan yang ada di Indonesia. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “ Mengurangi Angka Penyakit Kardiovaskular dalam Mengoptimalisasi Kesehatan Masyarakat Indonesia”. COPINGS diikuti kurang lebih 17 peserta yang tidak hanya berasal dari Fakultas Keperawatan Unsyiah, tetapi juga beberapa Mahasiswa lain dari beberapa Institusi Keperawatan di Indonesia.

            COPINGS akan dilaksanakan selama 3 hari dengan agenda yang berbeda-beda pada setiap harinya . Untuk hari pertama (13/09/2019) , kegiatan dimulai dengan penjemputan peserta dibeberapa lokasi penjemputan . Kegiatan selanjutnya dilaksanakan  pada esok harinya (14/09/2019), yaitu Opening Ceremony yang bertempat di Aula Fakultas Keperawatan pada pukul 08.30 WIB. Opening Ceremony diawali dengan penampilan Ranup Lampuan oleh Tim Tari FKep Unsyiah dan Paduan Suara dari Fakultas Keperawatan Unsyiah . Agenda dilanjutkan dengan sambutan dan  laporan dari ketua panitia COPING.  Kemudian kata sambutan sekaligus pembukaan oleh Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan Unsyiah, Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep. Sp.Kep.An juga melengkapi kegiatan Opening Ceremony ini .

 “Sudah banyak sekali kegiatan-kegiatan kemahasiswaaan yang dilakukan oleh BEM Fakultas Keperawatan Unsyiah, akan tetapi kegiatan dalam bentuk perlombaan atau kompetisi pada bidang keperawatan masih minim sekali jumlahnya, apalagi pada tingkat nasional. Oleh karena itu COPINGS ini diadakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang keperawatan, hal ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan akreditasi , baik pada tingkat Fakultas maupun Universitas” Ungkap Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep. Sp.Kep.An dalam sambutannya.

Opening Ceremony diakhiri dengan pemukulan Rapai yang menandakan dibukanya acara ini oleh Perwakilan  Dinas Kesehatan Aceh, Perwakilan PPNI Aceh , Wakil Dekan III FKep Unsyiah , Kepala Prodi S1 FKep Unsyiah , Kepala  Bidang Keperawatan Medikal  Bedah FKep Unsyiah , Kepala Laboratorium Komputer FKep Unsyiah , Kepala Laboratorium Jiwa FKep Unsyiah , Ketua DPM FKep Unsyiah , Ketua BEM FKep Unsyiah , Ketua LDF Ash-Shihah FKep Unsyiah dan ketua panitia COPINGS.

Kegiatan selanjutnya adalah olimpiade keperawatan Nasional yang diadakan pada pukul 10.00 WIB bertempat di Auditorium Visual Fakultas Keperawatan Unsyiah. Setelah selesai sesi menjawab soal, dilanjutkan dengan perlombaan keterampilan . Kegiatan perlombaan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.  Kegiatan dilanjutkan dengan Closing Ceremony hingga pukul 18.00 WIB. Agenda hari ketiga yaitu City Tour akan dilanjutkan pada hari minggu (15/09/2019) pada pukul 09.00 WIB. Empat tempat utama yang akan di kunjungi yaitu Museum Tsunami Aceh, Museum Rumoh Aceh, Masjid Raya Baiturrahman dan pusat souvenir Aceh.

Galleri Gambar

EnglishIndonesia