preloader

APLIKASI 5 M DALAM KONTEKS KELUARGA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI WILAYAH KERJA KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

APLIKASI 5 M DALAM KONTEKS KELUARGA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI WILAYAH KERJA KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

Banda Aceh – Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (FKEP USK) yang diketuai oleh Ns. Yuni Arnita, M.Kep, bersama anggota pengabdi Ns. Suryane Sulistiana Susanti, M.A., Ph.D dan Ns. Dini Mulyati, MNS melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh. 

Kegiatan ini adalah suatu  upaya untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian penularan virus covid-19 di lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini lebih difokuskan pada health promotion dan prevention yaitu berupa pendidikan kesehatan. Dilaksanakan pada 5 Januari 2022 di kantor kepala Desa Lambro Deyah yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sekdes, kader dan masyarakat sekitar. Di wilayah tersebut masih terbatasnya informasi dan pengetahuan masyarakat tentang upaya pencegahan penularan virus corona (covid-19) melalui Aplikasi 5M.  

Mengingat makin hari makin terus meningkatnya  kasus covid-19 ditanah air, maka sangat perlu dilakukan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kepedulian masyarakat untuk ikut andil dalam mengendalikan covid-19 di lingkungan sekitarnya. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah memberikan edukasi kepada keluarga dan masyarakat tentang upaya pencegahan penularan virus covid-19. Adapun tujuan dan luaran dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang aplikasi 5M (Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas) sebagai upaya pencegahan penularan virus corona (covid-19) sehingga masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan sampai selesai. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam peningkatan peran masyarakat yang dimulai dari unit keluarga dalam mencegah penularan Covid-19 melalui 5M.

EnglishIndonesia