preloader

GEMPAR (GERAKAN MAHASISWA KEPERAWATAN PEDULI MASYARAKAT) KE 9 DENGAN METODE HYBRID

GEMPAR  (GERAKAN MAHASISWA KEPERAWATAN PEDULI MASYARAKAT) KE 9 DENGAN METODE HYBRID

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala melaksanakan kegiatan Opening Ceremony GEMPAR (Gerakan Mahasiswa Keperawatan Peduli Masyarakat) ke 9 secara virtual.  Opening Ceremony dimulai pada pukul 08.32 –  09.30 WIB yang dihadiri oleh Wakil Rektor III Fakultas Keperawatan Universitas Keperawatan Syiah Kuala, Penjabat Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Keuangan, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Sub Bagian Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Sekretaris Jurusan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Kepala Bagian Keperawatan Medikal Bedah Universitas Syiah Kuala, Kepala Bagian Keperawatan Gerontik Univeritas Syiah Kuala, Kepala Bagian Keperawatan Komunitas Universitas Syiah Kuala, Kepala Bagian Keperawatan Jiwa Universitas Syiah Kuala, Kepala Prodi S1 Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Kepala Prodi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Kepala Prodi Magister Universitas Syiah Kuala, Dosen Pembimbing GEMPAR 9, Camat Ingin Jaya,  Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, dan Amir Lembaga Dakwah Fakultas As-Shihah Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Opening Ceremony dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USK, Bapak Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep. Acara Pembukaan ini turut dihadiri oleh 56 orang panitia GEMPAR  dan 135 orang peserta GEMPAR. Meskipun dilaksanakan secara virtual, acara pembukaan GEMPAR 9 berjalan lancar dan semarak.

Pada hari kedua pelaksanaan GEMPAR 9 Mahasiswa Fakultas Keperawatan terjun langsung ke lokasi. Lokasi yang akan dilakukan penyuluhan Kesehatan adalah Desa Cot Bada yang dihadiri oleh 22 orang peserta penyuluhan. Penyuluhan disampaikan langsung oleh ibu Ns. Nurhasanah, M.Kep. bertemakan “Ibu Cerdas Untuk Mewujudkan Anak yang Sehat”. Materi yang disampaikan meliputi pentingnya MPASI pada anak, bahaya makanan padat pada anak di bawah 2 tahun dan juga membahas kasus terkait yang ada di lingkungan masyarakat sekitar.

Di tempat dan waktu yang berbeda, Mahasiswa Fakultas Keperawatan USK mengadakan program tanaman sehat dengan tema “Meningkatkan Imunitas dan Menjadikan Masyarakat Sehat dengan Tanaman Herbal”. Program ini dilaksanakan di Desa Cot Gud. 

Di tempat dan waktu yang berbeda Pula , Mahasiswa Fakultas Keperawatan USK Mengadakan program Home Visit yang diadakan di Desa Cot Gud. Para peserta dan panitia berkunjung ke beberapa rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terkait gula darah dengan didampingi oleh dosen dan juga memberikan edukasi kesehatan seputar hipertensi, diabetes mellitus (DM), perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta vaksin COVID 19. 

Agenda berikutnya adalah menyebarkan poster yang memuat materi mengenai vaksin COVID 19 pada beberapa titik lokasi, baik di Aceh Besar maupun di Banda Aceh. Setiap desa di Aceh Besar yaitu Desa Cot Bada, Cot Preh, dan Cot Gud mendapatkan poster yang telah dipersiapkan oleh Mahasiswa Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Penempelan poster dilakukan sesuai arahan dari kepala desa setempat. 

Penyebaran poster vaksin COVID-19 dilakukan di beberapa fakultas serta di warung kopi, sekolah, dan toko yang ada di Desa Darussalam dan sekitarnya. Pihak pemilik warung maupun toko terlihat antusias dengan langsung menempelkan poster pada dinding bangunan milik mereka. Dilakukannya penyebaran poster vaksin COVID-19 di tempat-tempat umum ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat seputar vaksin COVID-19. 

Pada siang harinya, Mahasiswa Fakultas Keperawatan USK mengadakan pembagian sembako berisikan 5 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 1 kotak teh celup, roti kering dan 5 bungkus indomie, yang diserahkan langsung door to door pada 70 kepala keluarga di tiga desa di Aceh Besar, yaitu Desa Cot Bada, Cot Gud, dan Cot Preh. Antusiasme masyarakat terlihat dari ucapan terimakasi atas pembagian sembako yang merupakan bagian dari kegiatan GEMPAR ini.

Pada hari ketiga pukul 14.00-15.00 WIB, Closing Ceremony dilakukan via virtual. Penutupan acara dilakukan oleh Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Ibu Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep., Sp.Kep.An.  Acara penutupan ini turut dihadiri oleh civitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, diantaranya Wakil Dekan 3 Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Sekretaris Jurusan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Ketua Bagian Keperawatan Gerontik dan Dosen Pembimbing GEMPAR 9. Closing Ceremony juga dihadiri oleh  Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Syiah Kuala, BEM Fakultas Kedokteran Unsyiah, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unsyiah, Kepala dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unsyiah, Amir Lembaga Dakwah Fakultas As-Shihah Fakultas Keperawatan Unsyiah, 56 orang panitia GEMPAR 9 dan 135 orang peserta GEMPAR 9. Meskipun dilaksanakan secara virtual, acara penutupan terlaksana dengan baik. “Semoga para peserta, panitia dan semua pihak yang terlibat dapat menerapkan pengalaman GEMPAR 9 ini ke kehidupan sehari hari” ujar Abrar Fazillah selaku Ketua Panitia GEMPAR 9.

EnglishIndonesia