preloader

FAKULTAS KEPERAWATAN USK BEKERJASAMA DENGAN DINAS KESEHATAN PROVINSI ACEH DAN PW IPKJI ACEH LAKSANAKAN WEBINAR KEPERAWATAN JIWA

FAKULTAS KEPERAWATAN USK BEKERJASAMA DENGAN DINAS KESEHATAN PROVINSI ACEH DAN PW IPKJI ACEH LAKSANAKAN WEBINAR KEPERAWATAN JIWA

Banda Aceh (01/07/2021). Bagian Keilmuan Keperawatan Jiwa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dan Pengurus Wilayah Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) Aceh, melaksanakan webinar dengan tema “Implementasi Peningkatan Kapasitas Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat di Propinsi Aceh”, kegiatan yang melibatkan 350 peserta yang terdiri dari Penanggung Jawab Kesehatan Jiwa Masyarakat di Kabupaten/Kota serta Perawat Community Mental Health Nursing (CMHN) di Provinsi Aceh.

Ketua panitia pelaksana, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari Hibah Penelitian H-Index didanai oleh LP2M USK yang sedang dilaksanakan oleh Dosen FKEP USK Bagian Keilmuan Keperawatan Jiwa sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat. Berkolaborasi dengan Dinkes Provinsi Aceh serta PW IPKJI Aceh karena institusi dan organisasi ini dinilai memiliki program yang sejalan dengan rencana tindak lanjut untuk implementasi berikutnya yang akan dilaksanakan pada bulan September 2021, demikian disampaikan oleh Dr. rer. med. Ns. Marthoenis, M.Sc., MPH.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh diwakili Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dr. Siti Dara Safitri, M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Aceh sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan ini, apalagi webinar ini dapat meningkatkan pemahaman dan peran baik perawat CMHN dalam peningkatan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat serta meningkatkan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh.

Adapun narasumber dalam webinar ini terdiri dari dosen dan dokter dari institusi yang berada di Banda Aceh, Ns. Hasniah, M.Kep., Sp.Kep.J; Ns. Hasmila Sari, M.Kep., Sp.Kep.J; Ns. Martina, M.Kep., Sp.Kep.J; Ns. Rudi Alfiandi, M.Kep; dan dr. Liza Fathariani dari RSJ Aceh. Webinar ini juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab yang melibatkan beberapa peserta.

Diakhir penutup, Ketua PW IPKJI Aceh Ns. Hasniah, M.Kep., Sp.Kep.J, mengatakan perkembangan pelayanan kesehatan jiwa di Provinsi Aceh telah menjadi pembelajaran dan pengembangan pelayanan kesehatan jiwa bagi provinsi lainnya di Indonesia maupun di dunia, dengan menjadi daerah studi banding dari beberapa provinsi dan negera-negara lainnya bagi pelayanan di Rumah Sakit Jiwa Aceh maupun Pelayanan Kesehatan Jiwa di Komunitas yang berada di 23 Kabupaten/Kota. Kegiatan webinar ini juga di dukung oleh Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Aceh.

EnglishIndonesia