FAKULTAS KEPERAWATAN MENGADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MANDIRI BEKERJA KERJASAMA DENGAN PIHAK KECAMATAN ULEE KARENG

FAKULTAS KEPERAWATAN MENGADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MANDIRI BEKERJA KERJASAMA DENGAN PIHAK KECAMATAN ULEE KARENG

Banda Aceh (28/02/2021). Bagian Keilmuan Keperawatan Maternitas dan Bagian Keilmuan Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak di Masa Pandemi Covid 19”. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Kecamatan Ulee Kareng pada tanggal 27-28 Februari 2021. Kegiatan pengabdian ini dibuka secara resmi oleh bapak Dekan Fakultas Keperawatan dan Bapak Camat Kecamatan Ulee Kareng di Aula Kantor Camat pada hari jum’at tanggal 26 Februari 2021 pukul 09.00 WIB sampai Selesai

Kegiatan di Hadiri Oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Dr. Hajjul Kamil, M.Kep, serta memberikan kata sambutan pertama pada acara pembukaan kegiatan. Dr. Hajjul Kamil mengatakan kegiatan dosen yang merupakan Tuntutan dari Tri Darma Perguruan Tinggi pada unsur Pengabdian Kepada Masyarakat. Dekan Fakultas Keperawatan juga menjelaskan bahwa selain dari proses mengajar tugas para dosen juga turut membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf kesehatan dengan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, selain itu juga beliau mengingatkan kegiatan ini juga harus  tetap memperhatikan dan mengikuti prosedur protocol kesehatan, dengan tetap memakai masker, acara pembukaan juga di hadiri oleh wakil dekan II Ns. Ardia Putra, MNS dan Ns. Sri Intan Rahayuningsih selaku wakil dekan III. 

Rangkaian kegiatan di awali pembukaan di Kecamatan Ulee Kareng yang di buka Oleh bapak camat Mirza, SST, beliau menjelaskan bahwa kegiatan yang di lakukan oleh Tim Pengabdi merupakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat serta berkesinambungan dengan program desa, dimana program yang sedang digalakkan seperti keluarga sehat, desa sehat, dan sejahtera, beliau juga mengatakan adanya kasus ibu dengan kematian pasca persalinan di kecamatan ulee kareng serta tingginya asumsi dan polemic masyarakat yang kini takut serta enggan melakukan kunjungan ke kepelayanan kesehatan atau puskesmas selama masa pandemic menyebabkan kurangnya informasi kesehatan yang didapat oleh masyarakat serta tidak terdatanya secara konfrehensif angka kesakitan ibu dan anak.

Kegiatan Pengabdian yang di ketuai oleh yaitu Ns. Mariatul Kiftia, M.Kep menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan pertama kerjasama antara Fakultas Keperawatan dengan Pihak Kecamatan Ulee Kareng, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bagian keilmuan keperawatan maternitas dan anak yang akan rutin dan regular dilaksanakan setiap tahunnya. “Kegiatan ini akan menjadi Kegiatan Bulan Keperawatan Maternitas dan Anak” yang akan memberi dampak dan manfaat yang sangat baik terhadap masyarakat, dimana selain meningkatkan sumber informasi dan pengetahuan melalui pemberian edukasi para ibu hamil, ibu yang memiliki batita serta anak- anak sekolah, kegiatan ini juga membantu menurunkan angka gizi kurang pada anak sekolah, Ns. Mariatul Kiftia, M.Kep Juga Menjelaskan kegiatan dilaksanankan selama 3 hari berturut – turut mulai dari tanggal 26 Februari sampai 28 Februari 2021, kegiatan hari pertama dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 56 kegiatan ini dibagi 4 Tim terdiri dari :

1. Tim I dengan kegiatan Penyuluhan dan Demonstrasi Perilaku Hidup Bersih dan sehat untuk Pencegahan Covid-19 dengan penanggung jawab Tim adalah Ns. Inda Mariana Harahap, MNS yang beranggotakan Ns. Nevi Hasrati Nizami, M.Kep turut serta Dekan Fakultas Keperawatan Dr. Hajjul Kamil, S.Kp., M.Kep melakukan supervisi di SD negeri 56 Ulee Kareng. Kegiatan Penyuluhan di berikan waktu selama 30 menit dan dilanjutkan demonstrasi bagi anak- anak sekolah cara menyikat gigi yang benar dan cara mencuci tangan yang benar, dimana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sangat penting di tekankan pada anak – anak sehingga menjadi kebiasan yang baik dan menjaga kesehatan anak tersebut pada masa pandemi Covid 19 sekarang ini. Para siswa dan siswi sangat antusias kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Tim Pengabdi.

2. Tim 2 dengan judul pendidikan kesehatan tentang Personal Hygiene pada anak sekolah dengan penanggung jawab Ns. Elka Halifah, M.Kes beranggotakan Ns. Dara Ardhia dan disupervisi oleh Bapak Wakil Dekan I Fakultas Keperawatan, yaitu Teuku Tahlil, MS, PhD. Kegiatan yang dilakukan untuk memberikan informasi dan mengedukasi siswa/ siswi bahwa pentingnya seorang individu secara pribadi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri guna meningkatkan kesejahteraan individu baik secara fisik maupun psikis. Salah satunya dengan menjaga kebersihan alat genetalia di mulai dengan membersihkan atau membilasnya (cebok) dengan air bersih setiap BAK dan BAB dari bagian depan kebagian belakang, mencuci tangan secara teratur dan membuang sampah pribadi dengan benar.

3. Tim 3 dengan judul Makanan Sehat pada anak sekolah ketua Ns. Mariatul Kiftia, M.Kep, yang beranggotakan Ns. Ardhia Putra, MNS dan Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep., Sp. Kep An. Pentingnya edukasi kepada anak – anak sekolah tentang makanan sehat untuk meningkatkan pengetahuan siswa – siswi dalam memilih jajanan sehat dan makanan yang sehat dan baik untuk tubuh dengan memilih makanan sehat dapat meningkatkan gizi dan daya ingat, meningkatkan imunitas tubuh serta meningkatkan semangat belajar, pada masa belajar kebutuhan gizi dan makanan sangat lah perlu diperhatikan, makanan yang sehat terdiri dari makanan yang tidak memiliki kandungan pewarna dan perasa serta bersih dan hygenienis, sehingga kesehatan selama masa sekolah dapat di tingkatkan.     

4. Tim 4 Kesehatan Reproduksi pada Remaja di Masa Pandemi Covid-19 dengan ketua Ns. Mira Riskia, M.Kep, anggota Ns. Sri Agustina, M.Kep dan Ns. Mariatul Kiftia, M.Kep. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan edukasi dan informasi kepada siswi-siswi mengenai haid pertama serta persiapan dalam menghadapi haid pertama diantaranya cara membersihkan organ genitalia dan mengganti pembalut, tanda-tanda pubertas serta aspek religi terkait dengan pubertas. Pentingnya edukasi ini diberikan agar siswi-siswi mendapatkan informasi yang akurat sehingga mereka akan lebih siap dalam menghadapi hal ini serta lebih mampu menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya sehingga dapat menjadikan siswi-siswi yang sehat, berwawasan luas, tangguh dan kritis.

Sedangkan hari selanjutnya pada hari minggu tanggal 28 Februari Pukul 09.00 wib kegiatan di laksanakan di desa ilie kecamatan ulee kareng, yaitu di meunasah ilee kecamatan ulee kareng. Para ibu hamil dan ibu yang meiliki batita dari 3 desa yaitu desa ceurih, desa ilie dan desa lamglumpang

1. Kegiatan Tim 5 dengan judul Kesehatan Ibu Hamil dan Ibu Batita di Masa Pandemi Covid-19 dengan ketua Ns. Aida Fitri, M.Kep, yang beranggotakan Ns. Darmawati, M.Kep., Sp.Kep.Mat dan Ns. Dewi Hermawati, MNS. Pada kegiatan ini selain dilakukan pemeriksaan kehamilan gratis oleh Tim Pengabdi, selain dilakukan penyuluhan juga di bagikannya Paket PMT bagi ibu hamil  

 

2. Sedangkan kegiatan Tim 6 dengan kegiatan Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Balita dengan penanggung jawab Ns. Nova Fajri, M.Kep., Sp.Kep.An, yang beranggotakan Ns. Sufriani, M.Kep., Sp.Kep. An dan Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep., Sp.Kep. An, kegiatan yang dilakukan Tim 6 selain melakukan edukasi mengenai stimulasi perkembangan anak, juga dilakukan skrining perkembangan anak. Kegiatan dihadiri oleh 20 orang ibu balita dari tiga desa di kecamatan Ulee Kareng. Seluruh peserta antusias mengikuti penjelasan dan bertanya tentang materi yang disampaikan oleh pemateri yaitu Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep., Sp.Kep.An.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat sambutan yang baik oleh seluruh masyarakat baik di tingkat desa maupun kecamatan hal Ini terlihat dari antusiasnya anak – anak sekolah maupun peserta dalam bertanya dan meredemostrasikan kembali keterampilan keterampilan yang diajarkan pada setiap kegiatan pengabdian.

Leave A Comment